Outbound Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur dengan tema yaitu Peningkatan Karekter Tim Kerja Aparatur atau Pegawai Bidang Pendidikan Menengah diselengarakan pada tanggal 21 Maret 2016 dengan lokasi di sebuah camping ground yang hijau dengan pepohan yang mengeilingnya yaitu Ubud Camp. Peserta yang telah tiba pada pagi hari tepatnya pukul 08.00, langsung berkumpul untuk tahapan outbound awal yang disebut Ice Breaking. Segala kepenatan rutinitas serta kejenuhan dalam situasi kerja dihilangkan terlebih dahulu dalam tahapan ini. Kemudian sedikit demi sedikit diarahkan menuju keceriaan serta tanpa sengaja peserta telah berkonnsentrasi untuk menuju kepada tahapan berikutnya yaitu Team Building Game. Pada sesi ini kemudian tema outbound untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur dikembangkan oleh game master dan fasilitator. Dilanjutkan dengan permainan yang diberi nama FLag Pool (Tiang Bendera), dimana permainan ini merupakan Final Project Game. Setelah itu tiba saatnya untuk membahas apa yang telah diselesaikan, satu persatu pembahasan permainan yang menjadi analogi tema dimaksud. Dimana tahapan ini adalah tahapan terkahir untuk program outbound yang disebut The Brief. Dilanjutkan dengan makan siang, kemudian peserta bersiap-siap untuk menuju Sungai Ayung untuk rafting.

Cuaca Yang Cerah Namun Teduh Dengan Pepohonan Yang Mengelilingi Area Outbound

Meskipun cuaca yang cerah dengan sinar matahari yang terang, namun area outbound yang telah ditumbuhi pohon besar menjadikan program berjalan dengan lancar, sebab peserta tidak kepanasan. Dan berhembusnya angin desa yang sesekali meniupkan udara segar lebih menambah terlupakannya kelelahan ketika program berlangsung. Pada sesi Ice Breaking selesai, disediakan air mineral untuk menghilangkan dahaga agar peserta outbound terasa lebih segar kembali.

Rafting Juga Salah Satu Sebuah Analogi Untuk Pentingnya Sebuah Kerja Sama Tim

Dalam program rafting telah disediakan beberapa perlengkapan dan peralatan dengan standar keselamatan. Adapun perlengkapan dan peralatan tersebut yaitu helm, live jacket dan dayung. Pengarahan secara teknis terlebih dahulu diberikan oleh pemandu atau instuktur yang telah berpengalaman. Dan jika perserta tela siap, maka rafting di Bali dengan lokasi Sungai Ayung langsung dimulai. Secara tidak sadar, pada program rafting ini, peserta juga telah melakukan kegiatan Team Building. Dimana kepemimpinan, kekompakan atau kerjasama team, dan motivasi adalah dasar utama untuk rafting. Dimana kepemimpinan yaitu menerima perintah dari pemandu atau instruktur untuk digayung kedepan, ke belakang, gayung kiri dan kanan. Untuk analogi kekompakan dan kerjasama team yaitu peserta harus melakukan bersama-sama, tanpa terkecuali, dan motivasi yang terjadi adalah bersemangat agar setiap rintanngan dan tantangan yang terjadi sepanjang jalur rafting dapat dilewati dengan baik.

Sekitar pukul 15.00 peserta telah bersiap-siap untuk melanjutkan program selanjutnya yang telah ditangani oleh Paus Biru Event Orgainzer. Mandi pada shower room yang tersedia adalah pesiapan yang dapat dilakukan. Kemudian istirahat sejenak, dan semua peserta dariĀ Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur kembali masuk bus.

Dukumentasi Foto

Dokumentasi Video

 

Message: